Pengertian Desain Komunikasi Bisnis
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian
Desain Komunikasi Bisnis
Komunikasi
merupakan suatu proses menyampakan pesan atau informasi pada penerima. Saat
melakukan penyampaian pesan di harapkan terjadi pengaruh positif terutama dalam
hal bisnis pastinya ke dua pelaku bisnis tidak ingin ada dampak negative atau
dengan kata lain rugi. Dalam ilmu ekonomi, bisnis merupakan organisasi yang
menjual barang atau jasa kepada konsumen dengan tujuan mencari laba. Sedangakan
istilah desain atau rancangan merupakan penunjuk proses analisis yang dilakukan
dengan sengaja dilakukan secara terpisah
dari pelaksanaan proses dan suatu hasil. Proses desain dilakukan mulai dari
hasil analisis masalah pembelajaran hingga pada pemecahan masalah dan
dirumuskan dalam bentuk produk. Maksut dari produk yang di hasilkan tersebut
berupa bentuk propotipe, naskah atau storyboard dll. Desain pesan meliputi
perencanaan untuk rekayasa bentuk fisik
dari pesan atau informasi, yang mencakup prinsip-prinsip perhatian, persepsi
dan daya serap yang tujuannya mengatur penjabaran betuk fisik dari pesan atau
informasi agar terjadi komunikasi antara pengirim dan penerima. Desain pesan berurusan
dengan tingkat terkecil atau mikro seperti bahan visual, urutan, halaman dan
layar secara terpisah. Dalam perencanaan bisnis tujuan juga harus diuji agar
sesuai dengan kemampuan, ketepatan waktu dan orang, dan selaras dengan tujuan
organisasi. Untuk menyampaikan pesan di bagi menjadi dua yaitu secara lisan
maupun tulisan, saat akan menyampaikan pesan secara tulis perlu melalui bebrapa
proses.
1.
Ketrampilan
Merevisi
Proses pertama yang perlu dilakukan
mempersiapkan draf atau konsep dasar suatu pesan yang akan di sampaikan pada
pihak penerima. Setelah proses pertama telah di lakukan langkah selanjutnya
yakni melakukan penalaah (review) dan
perbaikan ulang mulai dari isi, gaya bahasa, tata bahasa, penggunaan tanda baca
dan format penulisan.
Pemilihan kata ini sangatlah penting yang
fungsinya di gunakan untuk mencurahkan ide atau pikiran ke dalam sebuah
kalimat. Apabila penggunaan katanya sangat asing atau sama sekali tidak di
ketahui dapat menjadikan pemborosan atau membuang-buang waktu, dan yang lebih
pentingnya maksud dan tujuan pesan-pesan bisnis sangatlah terganggu. Maka dari
itu agar penyampaian pesan bisnis dapat tercapai maka perlu diperhatikan
beberapa hal berkut ini.
·
Memilih
kata yang sudah familiar
Dalam komunikasi bisnis sangat di usahakan untuk
menggunakan kalimat-kalimat yang sudah familiar/sering di dengar dan di ucapkan
semua orang. Hal ini di peruntukkan supaya lawan kita bicara cepat menangkap
dari yang kita maksudkan.
·
Memilih
kata yang singkat
Dalam berkomunikasi tidaklah diperlukan kalimat
yang berbelit-belit, lawan komunikasi kita pastinya menginginkan kalimat yang
kita ucapkan singkat dan mudah di pahami dan langsung menuju kepada inti.
·
Memilih
kata yang bermakna tunggal
adalah kalimat yang terdiri dari satu pola kalimat,
yaitu terdiri dari satu subjek, satu predikat, dan bisa dilengkapi dengan objek
dan keterangan. Contoh: Kakak berlari. Pak Arman makan bakso.
Komentar
Posting Komentar