Pengertian Desain Komunikasi Bisnis

PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Desain Komunikasi Bisnis
     Komunikasi merupakan suatu proses menyampakan pesan atau informasi pada penerima. Saat melakukan penyampaian pesan di harapkan terjadi pengaruh positif terutama dalam hal bisnis pastinya ke dua pelaku bisnis tidak ingin ada dampak negative atau dengan kata lain rugi. Dalam ilmu ekonomi, bisnis merupakan organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen dengan tujuan mencari laba. Sedangakan istilah desain atau rancangan merupakan penunjuk proses analisis yang dilakukan dengan sengaja  dilakukan secara terpisah dari pelaksanaan proses dan suatu hasil. Proses desain dilakukan mulai dari hasil analisis masalah pembelajaran hingga pada pemecahan masalah dan dirumuskan dalam bentuk produk. Maksut dari produk yang di hasilkan tersebut berupa bentuk propotipe, naskah atau storyboard dll. Desain pesan meliputi perencanaan  untuk rekayasa bentuk fisik dari pesan atau informasi, yang mencakup prinsip-prinsip perhatian, persepsi dan daya serap yang tujuannya mengatur penjabaran betuk fisik dari pesan atau informasi agar terjadi komunikasi antara pengirim dan penerima. Desain pesan berurusan dengan tingkat terkecil atau mikro seperti bahan visual, urutan, halaman dan layar secara terpisah. Dalam perencanaan bisnis tujuan juga harus diuji agar sesuai dengan kemampuan, ketepatan waktu dan orang, dan selaras dengan tujuan organisasi. Untuk menyampaikan pesan di bagi menjadi dua yaitu secara lisan maupun tulisan, saat akan menyampaikan pesan secara tulis perlu melalui bebrapa proses.
1.      Ketrampilan Merevisi
Proses pertama yang perlu dilakukan mempersiapkan draf atau konsep dasar suatu pesan yang akan di sampaikan pada pihak penerima. Setelah proses pertama telah di lakukan langkah selanjutnya yakni melakukan penalaah (review) dan perbaikan ulang mulai dari isi, gaya bahasa, tata bahasa, penggunaan tanda baca dan format penulisan.
Pemilihan kata ini sangatlah penting yang fungsinya di gunakan untuk mencurahkan ide atau pikiran ke dalam sebuah kalimat. Apabila penggunaan katanya sangat asing atau sama sekali tidak di ketahui dapat menjadikan pemborosan atau membuang-buang waktu, dan yang lebih pentingnya maksud dan tujuan pesan-pesan bisnis sangatlah terganggu. Maka dari itu agar penyampaian pesan bisnis dapat tercapai maka perlu diperhatikan beberapa hal berkut ini.
·         Memilih kata yang sudah familiar
Dalam komunikasi bisnis sangat di usahakan untuk menggunakan kalimat-kalimat yang sudah familiar/sering di dengar dan di ucapkan semua orang. Hal ini di peruntukkan supaya lawan kita bicara cepat menangkap dari yang kita maksudkan.
·         Memilih kata yang singkat
Dalam berkomunikasi tidaklah diperlukan kalimat yang berbelit-belit, lawan komunikasi kita pastinya menginginkan kalimat yang kita ucapkan singkat dan mudah di pahami dan langsung menuju kepada inti.
·         Memilih kata yang bermakna tunggal

adalah kalimat yang terdiri dari satu pola kalimat, yaitu terdiri dari satu subjek, satu predikat, dan bisa dilengkapi dengan objek dan keterangan. Contoh: Kakak berlari. Pak Arman makan bakso.

Komentar